Tingkatkan Kapasitas Dosen, LPPM Uniga Gelar Sharing Session Penguatan Bidang Riset dan PkM

Untuk meningkatkan kapasitas Dosen di bidang Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Maysarakat (LPPM) Universitas Gajayana Malang (Uniga) menggelar Sharing Session terkait penyusunan proprosal hibah Dikti bidang Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Berlangsung di Aula Pasca Sarjana kegiatan yang diikuti seluruh Dosen ini dibuka oleh Rektor Uniga Malang Prof. Dr. Ernani Hediyati, S.E., M.S. pada Kamis, 15 Pebruari 2024.

Dalam sambutannya, Rektor yang akrab dipanggil Prof Ernani ini menekankan pentingnya pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi bidang Peneitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bagi tiap-tiap dosen sebagai salah satu kewajiban yang harus tunaikan.

“Sebagai dosen, yang jelas Bapak/Ibu juga harus memenuhi kewajiban di bidang penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Karena semua itu merupakan rutinitas dan tanggung jawab yang harus kita kerjakan setiap tahunnya apapun jabatan fungsionalnya. Goalnya, semakin banyak proposal yang diterima akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kluster kita” Ujar Prof Ernani.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Prof. Dr. Dra. Martaleni, M.M. yang didaulat menjadi pemateri. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut kembali mengingatkan para Dosen akan Undang-Undang no.20 tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang no. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa terdapat kewajiaban bagi tiap-tiap Dosen untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi termasuk di bidang Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“Sebagai insan akademis yang berada di dalam universitas, kita punya kewajiban penelitian yang merupakan komponen dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam hal ini saya sampaikan pentingnya kesadaran, sekalipun status kita disini sebagai dosen dengan tugas tambahan. Karena dengan kesadaran akan muncul niat dan motivasi” Ujar Prof. Martaleni

Selaras dengan hal itu, Dr. Drs. Sugeng Mulyono M.M., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Uniga juga menyampaikan afirmasi terkait posisi penelitian sebagai komponen krusial dalam sebuah sistem perguruan tinggi yang melibatkan civitas akademika dengan kinerja yang optimal sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab terhadap profesi.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan tenaga pendidik serta menjadi semangat dan motivasi untuk mengembangkan kemampuaan dalam meningkatkan kualitas dosen di samping mendidik mahasiswa” tutur Dr. Sugeng (Key/Mazn).

Previous
« Prev Post
0 Komentar