Semarak Hari Jadi Kota Malang ke-110 Tahun

“Berselaras untuk Kota Malang Berkelas”, begitulah tema yang diangkat dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 110 Kota Malang. Berbagai perayaan dilakukan sebagai bentuk suka cita masyarakat di kota mahasiswa ini. Begitu juga dengan Pemerintah Kota Malang yang mengawalinya dengan Rapat Paripurna Istimewa bersama dengan DPRD Kota Malang pada 30 Maret 2024 silam.

Sementara itu tepat di tanggal 1 April, upacara digelar di halaman Balai Kota Malang setelah shalat subuh berjamaah dan ziarah kubur ke Makam Ki Ageng Gribig di Madyopuro, yang dikenal sebagai salah satu tokoh “babat alas” Kota Malang dari Kerajaan Mataram Islam. Beberapa kegiatan sesudahnya, adalah napak tilas ke tempat bersejarah di Kota Malang, di antaranya Gedung Kesenian Gajayana dan Stadion Gajayana.

Tak hanya kegiatan formal yang dilangsungkan, semarak Hari Jadi Kota Malang juga dimeriahkan dengan Laga Sepak Bola Legenda hingga Bantengan. Selain itu juga diadakan berbagai perlombaan seperti Lomba Foto Piala Pj. Wali Kota Malang, Lomba Dekorasi HUT ke-110 Kota Malang, Lomba Fotografi untuk Pelajar, Lomba Olahraga Internal ASN & Non ASN Pemerintah Kota Malang, Lomba Foto Sanitasi & Drainase, Lomba Cipta Menu Khas Kota Malang, dan masih banyak lagi kompetisi menarik lainnya.

Turut memeriahkan HUT Kota Malang, Dinas Koperasi, Perundustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) yang menggratiskan retribusi pasar dan parkir untuk masyarakat serta pelaku pasar sebagai wujud apresiasi kepada pedagang. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena selama ini para pedagang telah berkontribusi dalam menunjang angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. (Key)

Previous
« Prev Post
0 Komentar